Kamis, Mei 15, 2008

Perancang International Yang Mengawali Bisnis Dari Rumah


Dolce Gabbana, Vercase, Dior, Tag Hauer, Rolex, Gucci, Montc Black, nama-nama yang sudah pasti anda kenal atau bahkan anda sudah pakai produk dari nama-nama pesohor tersebut.
Tahukah anda, di mana mereka memulai bisnisnya, pasti anda mengira mereka langsung berbisnis di perkantoran yang canggih dan keren, bayangan semua itu salah sebab rata-rata mereka memulai berbisnis dari rumah, garasi. Namun mereka pantang mundur tetap berkarya hingga karya mereka punya nilai jual dan layak serta membutuhkan tempat yang lebih luas maka merekapun tidak langsung buka pabrik tapi mereka malah menyewa bekas gudang yang lama tidak di pakai, mengapa begitu? Sebab yang pasti sewa tempatnya murah dan tempatnya luas sehingga mudah buat mereka untuk mensetup.
Dan ketika mulai di kenal dan omzetnya merangkak dengan cepat, meraka tidak langsung berubah sikap dan gaya namun mereka malah tetap bertahan dengan sarana yang ada bahkan mereka membuat produk dengan jumlah terbatas namun dengan nilai jual yang tinggi, artinya buat 10 unit dengan buat 100 unit mereka tetap mendapat untung yang sama sehingga mereka tidak kesulitan dalam memproduksi barang pesanan.
Bagaimana dengan pengusaha Indonesia, banyak yang pola pikirnya berbeda dengan para pemilik nama di atas di karenakan pola pikir mereka berbeda dalam melihat pasar, maksud saya begini: jumlah penduduk Indonesia hampir 300 juta jiwa dan dengan jumlah orang yang banyak mereka tempat / pasar yang potensial dan orang kita berpikiran bagaimana membuat barang murah yang bisa di beli oleh banyak orang, namun apa yang terjadi adalah pengusaha kita kedodoran dalam mencari bahan baku, modal, tenaga kerja, mesin, dan ketika barang hasil di buat banyak yang ukuran tidak pas, kualitas tidak sama, bahkan banyak masalah dari jadwal pembuatan molor, masa pengiriman telat dan lain, sehingga sering terdengar “banyak order bingung, tidak ada order lebih bingung” hhahaaha.
Saran saya jika para ibu atau bapak ingin menjadi pengusaha cobalah anda menjadi pengusaha cerdik dan smart sehingga anda tidak terjebak dalam obsesi dan tantangan menjadi pengusaha kaya raya tapi tidak bisa menikmati kekayaan anda. Ada pameo berkata “pengusaha kaya raya adalah pengusahanya jalan-jalan tapi usaha jalan sendiri”

Salam dari Pemimpi Berbisnis Dari Rumah

Tidak ada komentar: